Do you ever feel like a plastic bag?

So... It's been ages since the last time I write here. I just feel so moved and inspired to write after I discovered about Lavendaire. Like, seriously c'mon... Kemana aja gue selama ini... Kenapa gue baru nemu tentang manusia luar biasa ini sekarang. Di YouTube dan blognya Lavendaire ini banyak banget hal-hal positif dan menyenangkan buat dipikirin dan dilakukan (ya kan dari pada gue mikir yang aneh-aneh ya kan) kayak gimana caranya supaya bisa jadi orang yang lebih teratur, produktif, sampai gimana caranya mengetahui tujuan hidup lo yang sebenernya. Uwouw. Pokoknya hal-hal yang bisa membuat kita untuk lebih positif lah.

Nah, salah satu dari bejibun kepositifan yang bisa dicomot dari Lavendaire adalah 30 Questions for Self Discovery - 30 Pertanyaan untuk Menemukan/Mengenal Diri Sendiri. Menurut gue pas banget untuk memulai tahun yang masih lumayan baru ini. Berhubung gue juga baru lulus, masih pengangguran nggak jelas tanpa tujuan hidup jadi nggak ada salahnya lah ya gue mencoba untuk menemukan duit dan pekerjaan dan lebih mengenali diri gue sendiri lebih baik lagi.
 
HOW DO I FEEL AT THE MOMENT?
Apa yang saya rasakan saat ini?
Well, I think it's safe to say that right now I feel... Uncertain.

I feel kinda good while writing this and listening to chill R&B mix. But, sometimes I found myself crying my heart out at 3AM. Kayak.. mood swings is available every 10 seconds. Dan satu-satunya manusia yang bisa menyelamatkan diri gue sendiri disaat-saat seperti ini adalah diri gue sendiri. Asli, gue masih merasa aneh untuk nulis hal kayak gini dengan bahasa Indonesia. Bukannya gue sok pintar atau apa tapi kadang ada beberapa hal yang lebih enak (dan lebih ringkas) kalo dijelasin dalam bahasa Inggris dan sebaliknya. Tapi gue akan coba sebisanya untuk memakai bahasa Indonesia yang (semoga) baik dan benar. 

Kenapa bahasa Indonesia? Karena sepertinya tulisan gue bakalan ngga jauh dari ngomongin kesadaran akan kesehatan mental dan menurut gue, Indonesia udah mulai melek teknologi, tapi yang melek mengenai kesehatan mental itu belom banyak. Jadi, kali aja ada orang yang sudi mampir dan baca tulisan gue ini. Semoga bisa dapat dimengerti dengan mudah dan berfaedah bagi pembacanya. Kalo yang mampir orang yang biasa bahasa Inggris? Yaudahlah ya. Ngarepnya gue aja kali, secara kalo dalam bahasa Inggris udah banyak banget banget blog, artikel dan lain-lainnya tentang mental health awareness, self discovery dan sebagainya. Yang pastinya lebih bener dan pro. Eheh.

Gue pernah nemu postingan yang intinya bilang kalo disini masih suka menggampangkan sesuatu, termasuk simpati dan empati. Kalo liat orang putus nangis-nangis (apalagi kalo dipost di Youtube. Uhuk) dibilang cari perhatian dan berlebihan = ngegampangin dengan nggak mau mikir kalo sebenernya orang tersebut dalam depresi yang mungkin dia sendiri nggak sadari, sehingga sensitif dengan masalah kecil sekalipun. Nggak mau munafik gue sendiri juga secara sadar nggak sadar masih suka nyinyir kalo ngeliat orang ngepost sesuatu yang kelewat galau. Uhuk. Apalagi kalo orangnya menurut gue agak gengges. Uhuk.

Stress dan depresi malah suka dijadiin bahan bercandaan dan nggak dianggap serius. Padahal mental itu sama kayak badan fisik bisa 'memar', 'lecet', 'berdarah', 'sobek', dan lain-lain karena perkataan yang kurang menyenangkan, kejadian trauma dan sebagainya.

Eh, wait... Ini harusnya jadi kayak semacam journal of self discovery, right? Kenapa jadi menggalakkan tentang kesehatan mental gini? Yup. Tapi menurut gue untuk mengerti dan 'menemukan' diri sendiri, kita juga harus mengerti tentang kesehatan jiwa. Gue bukan professional. Boro-boro, anak Psikologi juga nggak.

Jadi intinya... Apa sih sebenernya yang gue rasain sekarang ini? Gue masih cukup sedih sejujurnya karena berbagai macam manis asem asin rame rasanya yang terjadi dari penghujung 2017 sampai sekarang, but at the same time gue lumayan empowered untuk bangkit lagi and make something out of this uncertainty.

Hopefully, this time I can commit to write, finish this 30 questions for self discovery dan tentunya semoga bisa berguna bagi diri gue sendiri agar lebih baik dan berguna bagi orang yang sudi baca tulisan ini.           

Playlist of the day : 

Comments

Popular Posts